Di seri artikel ini saya mencoba menimbang-nimbang beberapa pemain yang sebenarnya sayang dibuang karena perannya cukup berarti, namun bisa tergantikan dan berpotensi menghasilkan/menghemat uang yang signifikan.
Mari kita mulai dengan… Granit Xhaka.

Ada kabar yang mengatakan bahwa eks kapten Xhaka ingin keluar dari Arsenal. Saya pribadi di dalam lubuk hati terdalam mengatakan, “Silakan kalau duitnya pas dan ada penggantinya yang lebih baik.”

Permainan metronomiknya memang sulit tergantikan. Ketika ia absen, Arsenal bermain jauh lebih buruk. Bahkan saat dia menjadi bek kiri, kapten timnas Swiss ini masih turut berperan dalam mengatur tempo. Musim ini ia pun lebih disiplin dan lebih jarang melakukan blunder. 👀

Wajah setiap Gooner setiap Xhaka bikin gara-gara (tapi sudah jarang lho ya).

Tapi segala kualitasnya tersebut masih belum bisa mengangkat Arsenal dari kepapantengahan (entah kata apa itu). Xhaka dijual atau tidak, pada akhirnya kita masih perlu upgrade pemain tengah dan Arsenal memang sedang mengincar beberapa nama.

Dengan begitu, peran Xhaka dipastikan akan berkurang. Sebuah kemewahan memang memiliki Xhaka sebagai pelapis, tapi tidak heran kalau ia jadi ingin hengkang. Di usianya yang prima sebagai pemain tengah, nominal transfernya pun masih bisa tinggi.

Lagi-lagi kembali ke kata “ruthless” yang digaungkan Arteta. Menjual Xhaka mungkin lebih sulit lagi daripada melepas Luiz, tapi jika muncul kesempatan untuk melonggarkan kesempitan finansial Arsenal demi menggaet target utama, kenapa tidak?

Bagaimana menurutmu?

Leave a Reply