Burnley akan menjadi sebuah pembuktian apakah Arsenal sudah siap dari segi fisik untuk menghadapi kerasnya musim Liga Premier Inggris 2019-2020. Dengan tiadanya Stoke City yang sudah terdegradasi ke Championship, maka Burnley tampil menjadi tim dengan permainan fisik paling menonjol di Premiership. Jika tak siap fisik (dan tentu saja mental), pemain-pemain Arsenal terutama yang muda dan baru mengenal Liga Inggris bisa jadi babak belur dibuatnya.

Kembalinya Ozil dan Kolasinac ke pelukan tim utama menjadi kabar baik. Namun, dengan segala permasalahan pribadi yang melanda mereka sebelumnya, mereka tampaknya paling maksimal baru akan menghangatkan bangku cadangan.

Granit Xhaka yang minggu lalu bermain sebagai kapten juga diragukan kebugarannya akibat memar di punggung dan kakinya. Meski masih berkesempatan turun, Emery mungkin merasa ini bisa menjadi kesempatan bagus untuk bereksperimen dengan lini tengah Arsenal, mengingat ada Ceballos yang bisa diuji kesiapannya atau Torreira untuk meningkatkan kebugarannya. Yang saya yakini, posisi Guendouzi tidak akan diganggu berkat performanya yang gemilang di partai perdana.

Pada posisi nomor 10 tampaknya Willock akan mendapatkan kesempatan lagi untuk memamerkan kemampuannya.

Nah, ini yang menarik. Trisula penyerangan Arsenal. Dengan kembalinya Lacazette, kemungkinan besar ia dan Aubameyang akan kembali ke daftar starter, apalagi keduanya sedang mendiskusikan perpanjangan kontrak. Lalu bagaimana dengan satu lagi penyerang? Melihat bagaimana trio PAL (Pepe, Auba, Laca) bermain bersama memang menggiurkan, tetapi ia masih dalam perjalanan menuju kebugaran penuh.

Memasang Nelson yang minggu lalu bermain cukup bagus di sisi kiri tampaknya menjadi opsi yang lebih efektif untuk saat ini. Mkhitaryan harus puas berada di bangku cadangan, apalagi dengan performanya yang angin-anginan minggu lalu.

Selesai lini depan, kita kembali ke belakang. Persaingan bek tengah tampaknya akan panas pada musim ini, yaitu antara Sokratis, David Luiz, Calum Chambers, dan Rob Holding. Ada pula Mavropanos yang masih berkutat dengan cedera.

Sokratis adalah Sokratis, yang senang beradu fisik dan dapat diandalkan dalam sebagian besar situasi, kecuali ketika ia menjadi gila dan menggilas lawannya lalu mendapat kartu kuning dan bertingkah seperti tidak terjadi apa-apa. Chambers membuktikan dirinya patut diperhitungkan dengan performa yang solid minggu lalu. Holding merupakan pemain bertahan terbaik di paruh pertama musim lalu, yang akan segera sembuh tak lama lagi, tapi masih perlu waktu untuk mencapai performa tertinggi. Ia juga harus membuktikan diri lagi kepada Emery. David Luiz kita semua sudah tahu kualitasnya, ia adalah pemimpin di lapangan, sangat berpengalaman, telah memenangkan banyak hal, dan memiliki kaki dengan distribusi serta tendangan andal. Sayangnya ia terkadang hilang konsentrasi meski tidak separah ‘kamu-tahu-siapa’.

Lalu siapa yang akan dipilih Emery hari ini? Dengan masih mudanya musim, kemungkinan sang pelatih ingin mencoba setiap pemainnya terlebih dahulu. Ia sudah memiliki catatan bagus akan Chambers, kini mungkin saatnya untuk menguji apakah Luiz masih memiliki gairah dan kualitas yang sama.

Jadi, inilah prediksi saya untuk pertandingan melawan Burnley nanti:

Bagaimana dengan prediksimu?

Sumber gambar: Arsenal.com

Leave a Reply