Good ebening pembaca Gudang Bedil yang budiman, tak lama lagi kita akan mendapat sajian big match antara Liverpool melawan Arsenal. Meski kegiatan di bursa transfer cukup adem ayem, sebagai juara Liga Champions tahun ini tentu saja Liverpool merupakan jagoan di atas kertas. Apalagi kita akan bertanding di Anfield, tempat di mana terakhir kita meraih kemenangan tujuh tahun lalu, melalui gol dari Lukas Podolski dan Santi Cazorla (di musim debut mereka!).

Ujian berat ini mungkin terasa agak dini bagi Arsenal, yang sedang berada dalam grafik naik tetapi belum begitu berada di puncak. Meski berhasil mencapai dua kemenangan beruntun, pasukan Unai Emery masih sedang mencari ritme terbaiknya.

Hal itu agaknya digaungkan oleh Emery dalam sebuah wawancara menjelang pertandingan ini, ketika ia berkata, “Kami tidak ingin pernah bermain melawan Liverpool.”

Mungkin maksud Emery di atas adalah ia tidak ingin melawan Liverpool ketika momentum Arsenal sedang nanggung, yaitu sedang menanjak tetapi masih belum maksimal. Bukannya ia takut seperti yang secara harfiah diartikan oleh banyak orang dan malah digunakan untuk menyerang sang pelatih.

Tapi inilah turnamen, jadwal sudah ditentukan. Dan kita harus bersyukur tidak langsung bertemu dengan tim-tim besar seperti musim lalu, ketika kita berhadapan dengan Chelsea dan City berturut-turut di awal musim.

Musim lalu kita sering melihat Emery menurunkan formasi 3-4-1-2 ketika melawan tim top 6, dengan hasil yang beragam. Untuk pertandingan ini, mungkin saja ia akan menggunakan formasi itu, namun saya pikir formasi 4-3-3 atau 4-2-3-1 akan lebih memaksimalkan kekuatan pemain Arsenal yang ada saat ini.

Baca juga: Jelang Liverpool: Mengerem ekspektasi agar tak frustrasi

Saya menerawang bahwa Arsenal nanti akan menurunkan pemain yang tak jauh berbeda dari pertandingan kemarin melawan Burnley. Perbedaannya paling hanya Pepe yang mulai dimasukkan ke susunan pemain awal menggantikan Nelson. Willock tetap menjadi pilihan saya di atas Ozil untuk saat ini, dengan alasan demi menjaga lini tengah tetap bertenaga di pertandingan tandang. Bersama Ceballos dan Guendouzi, diharapkan ia bisa mempertahankan lini tengah tetap kompak, ngotot, dan siap adu fisik.

Berikut adalah penerawangan formasi saya untuk melawan Liverpool Sabtu nanti:

Apakah kamu setuju dengan prediksi ini atau punya pendapat sendiri?

Jangan lupa juga untuk follow/like Twitter dan Facebook Gudang Bedil. 🙂

Leave a Reply