Sebuah hasil yang mungkin tidak begitu mengejutkan, meskipun ada beberapa pemain yang performanya membuat saya terkejut saking jeleknya. Tapi secara keseluruhan, ini adalah satu pertandingan yang memang harus kita relakan.

Unai Emery menggunakan sebuah taktik yang menarik tetapi penuh risiko, memancing kedua bek sayap Liverpool bebas ke depan dengan harapan dapat melakukan serangan balik cepat melalui Aubameyang dan Pepe yang terus berjaga-jaga di depan. Formasi yang sangat jauh dari apa yang saya perkirakan, di mana Arsenal menggunakan formasi 4-4-2 berlian yang rapat, tanpa pemain sayap.

Hasilnya sempat menjanjikan, Pepe sempat mengancam gawang Liverpool dan membuat Van Dijk kesulitan dengan gocekannya. Sayang, penyelesaian akhirnya masih belum efektif. Arsenal pun harus menelan pil pahit dari risiko yang mereka ambil dengan kebobolan dari tendangan pojok, Joel Matip membawa Liverpool unggul 1-0 hingga peluit akhir babak pertama ditiup.

Babak kedua, Mo Salah memperlebar jarak menjadi 2-0 via sebuah penalti, setelah David Luiz menarik baju Salah di kotak terlarang. Mengkonfirmasi kekalahan Arsenal, lagi-lagi Luiz membuat gara-gara dengan meloloskan Salah dalam sebuah serangan balik, 3-0.

Berikut rating pemain Liverpool vs Arsenal versi Gudang Bedil:

Leno: 6 – Cuma bisa pasrah atas ketiga gol di atas.

Maitland-Niles: 4 – Diinstruksikan untuk bermain menyempit, bukan salahnya kalau Robertson banyak melakukan crossing. Tetapi di babak kedua ia banyak salah umpan dan dribel, tipikal AMN ketika grogi.

Sokratis: 5,5 – Hampir memberikan penalti untuk Liverpool di proses terjadinya gol Matip, tapi keburu Matip mencetak gol.

Luiz: 4 – Agen Cech tampaknya sengaja mengirim agen Luiz ke sini. Untuk seorang bek berpengalaman ia bermain seperti bek pemula dengan memberikan penalti dan dengan mudahnya dilewati Salah setelahnya.

Monreal: 5,5 – Sebenarnya solid, tetapi faktor umur tidak bisa berbohong. Kalah cepat dengan Salah untuk gol ketiga.

Ceballos: 5 – TIdak bisa menyajikan sihirnya seperti minggu lalu. Rating bisa lebih rendah lagi kalau Mane bisa mencetak gol dari kesalahannya. Efek Anfield? Mungkin level pressing Liverpool saja yang jauh lebih baik daripada Burnley.

Guendouzi: 6 – Bekerja keras, membuat segalanya lebih sederhana.

Willock: 6,5 – Bersinar di babak pertama dengan dribelnya yang berbahaya, harus bekerja keras seperti Guendouzi ketika dalam formasi berlian.

Xhaka: 6 – Beberapa tekel yang bagus, beberapa tekel yang tidak bagus. Sepertinya difungsikan sebagai titik serangan balik oleh Emery (bersama Luiz), tetapi mengurangi mobilitas lini tengah Arsenal.

Aubameyang: 6,5 – Mendapatkan satu assist untuk Torreira. Memiliki peluang bagus di babak pertama.

Pepe: 7 – Mengeluarkan jurusnya dan merepotkan pertahanan Liverpool di babak pertama. Bisa saja memberikan keunggulan di babak pertama. Akan menjadi seorang pemain penting ke depannya.

Torreira: 7 – Memberikan kehidupan baru untuk lini tengah Arsenal dengan determinasinya. Mencetak gol hiburan. Semoga cukup fit untuk menjadi starter melawan Sp*rs.

Lacazette: 6 – Kenapa ia baru diturunkan di sepuluh menit terakhir pertandingan, saya tak paham.

Mkhitaryan: N/A – Terlalu sebentar berada di lapangan. Lagi-lagi kenapa baru diturunkan begitu telat saya tak paham.

Begitulah rating pemain Liverpool vs Arsenal kemarin. Apakah kamu setuju dengan rating versi Gudang Bedil? Boleh kok isi rating kamu sendiri di kolom komentar, beda juga nggak apa-apa…

Follow/like juga Twitter dan Facebook Gudang Bedil!

Sumber gambar: Stuart McFarlane

Leave a Reply