Hari ini ada sebuah berita menarik. Pada sebuah laga kandang, biasanya penonton akan mendapatkan sebuah buklet program yang berisi salah satunya catatan dari kapten. Anehnya, dikabarkan bahwa untuk pertandingan melawan Burnley di Emirates besok Granit Xhaka akan mengisi kolom tersebut, tapi tak sebagai kapten, hanya sekadar ‘suara dari ruang ganti’ saja.

Apakah menurutmu ini aneh? Bagi saya agak, karena seharusnya kapten sudah ditentukan sebelum, atau setidaknya ketika, musim dimulai. Apa yang membuat Unai Emery sebagai pelatih tampak menunda-nunda keputusan ini?

Saat ini, terdapat tiga kapten yang tersisa dari lima kapten yang ditunjuk musim lalu (dengan dijualnya Koscielny dan pensiunnya Cech), yaitu Xhaka, Ozil, dan Monreal. Sederhananya, jika tak ada aral melintang, maka Xhaka sebagai wakil di bawah Koscielny dan Cech akan mendapatkan tampuk kepemimpinan di ruang ganti. Tapi Emery terlihat masih belum final akan keputusan ini.

Hal ini membuat banyak orang menduga-duga, apakah ini artinya akan ada yang dijual di antara mereka? Atau melihat terlebih dahulu performa masing-masing calon?

Saya lebih cenderung kepada yang kedua, meski sejujurnya saya lebih cenderung lagi untuk mengatakan saya tidak tahu.

Pasalnya, saat ini Arsenal sudah tidak bisa lagi mendatangkan pemain baru. Sementara pemain yang jelas-jelas ingin dibuang hanya dua orang: Elneny dan Mustafi. Jika kita melepaskan salah satu dari Xhaka atau Ozil, maka lini tengah Arsenal menjadi agak tipis, apalagi dari segi kreativitas. Masing-masing pemain masih memiliki peran di tim Emery, dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Jadi bagi saya alasan penundaan ini karena akan dijualnya salah satu dari Xhaka atau Ozil berkemungkinan kecil.

Tapi hei siapa sangka Iwobi bakal dijual? 🙂

Emery sendiri sempat mengatakan bahwa ia ingin adanya ‘suara orang Inggris’ dalam jajaran lima kaptennya. Jika kita tilik pemain yang cukup senior di skuad Arsenal dan berasal dari Inggris, hanya dua nama yang muncul, yaitu Rob Holding dan Calum Chambers.

Apakah Emery menunggu hingga Holding bermain terlebih dahulu? Bisa jadi, walaupun tampaknya itu agak kelamaan.

Dengan mempertimbangkan segala hal di atas, izinkan saya dengan segala kesoktahuan saya memberikan prediksi kapten Arsenal 2019/2020:

  1. Granit Xhaka
  2. Mesut Ozil
  3. Rob Holding
  4. Nacho Monreal
  5. Alexandre Lacazette/Sokratis/Luiz (malas mikir lagi)

Nah, bagaimana menurutmu? Isilah titik-titik di bawah ini dengan versimu sendiri! Senin dikumpulkan!

  1. …..
  2. …..
  3. …..
  4. …..
  5. …..

Sumber gambar: Arsenal.com

One thought on “Tebak-tebak kapten Arsenal

Leave a Reply